Kelebihan Android Jelly Bean dan Fitur Terbarunya

kelebihan jelly bean

Sistem operasi terbaru dari Google yang dikenal Jelly Bean, dengan nomor versi 4.1. OS ini dibangun sebagai perkembangan dari Ice Cream Sandwich, Android Jelly Bean pertama kali diperkenalkan saat event Google I/O.

Kelebihan utama dari Jelly Bean daripada versi sebelumnya adalah mampu memberikan kecepatan dan stabilitas yang lebih baik. Gadget yang mendapat kehormatan sebagai pemakai OS ini adalah Google Nexus 7 yang diproduksi oleh Asus.

Terdapat beberapa perubahan yang membuat Jelly Bean lebih unggul daripada Ice Cream Sandwich. Berikut beberapa kelebihan Jelly Bean dibanding OS Android sebelumnya.

1. Performa yang lebih responsif
fitur project butter

Google menyebutkan bahwa Jelly Bean dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan CPU, mengingat teknologi prosesor saat ini sudah mencapai dual, bahkan quad core. Khusus untuk Jelly Bean Google juga menggagas ”Project Butter”, yang bertujuan untuk meningkatkan transisi grafis menjadi lebih mulus, dan mengurangi lag.

2. Aplikasi Google Now

aplikasi google now
Google Now merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean.

Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat untuk pengguna.

3. Voice Search
fitur voice search

Seperti bisa dilihat dari namanya, fitur ini memungkinkan pencarian lewat suara. Dengan fitur yang terintegrasi dengan Google Now ini pengguna dapat menanyakan informasi mengenai cuaca, film di bioskop, nilai tukar valuta asing, hingga pertanyaan matematika. Jawaban yang diberikan juga diperkaya dengan tautan dari situs pencari milik Google.

4. Ukuran Widget Resize Otomatis

Widget di Jelly Bean ini semakin pintar. Widget dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar. Sehingga widget berukuran besar sekali pun akan tetap lebih enak dipandang.

5. Voice Dictation

Voice Dictation adalah perubahan besar lain yang dibawa Jelly Bean. Dengan fitur ini pengguna dapat mendikte perangkat yang akan langsung mengubahnya menjadi tulisan. Fitur ini ditanamkan langsung pada perangkat, yang berarti pengguna masih dapat mengoperasikannya meskipun perangkat tidak sedang terkoneksi dengan internet. Sayangnya, selain Bahasa Inggris belum ada keterangan apakah fitur ini mendukung bahasa lainnya.

sumber : http://www.technodig.net/2012/10/kelebihan-android-jelly-bean-dan-fitur.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: