Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman web yang sekarang ini mulai banyak dikenal sebagai salah satu alternatif bahasa untuk pembangunan suatu web. Ruby diciptakan oleh Yukihiro “matz” Matsumoto pada tahun Pada tahun 1993. Ruby merupakan penggabungan dari bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada, dan Lisp.

Inti dari bahasa pemrograman Ruby yaitu semua objek. Setiap informasi dan kode dapat diberi property dan action. Dalam pemrograman berorientasi objek setiap pemanggilan property dan action dilakukan melalui metode. Ruby juga merupakan bahasa yang fleksibel dikarenakan kita dapat mengubah bagianbagian dari Rubysecara bebas sehingga programmer tidak merasa dibatasi. Bagian-bagian yang merupakan esensi dapat dihapus dan didefinisikan ulang.

Sebagai contoh:

class Numeric
def kurang(x)
self.-(x)
end
end
y = 7.kurang 5
# y sekarang adalah 2

Dalam bahasa Ruby terdapat konsep-konsep pokok yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Classes: representasi abstrak dari objek dunia nyata, termasuk karakteristik dan fungsionalitas.
  2. Attributes: variabel-variabel yang menggambarkan kualitas dari suatu class.
  3. Methods: fungsionalitas yang disediakan oleh suatu class. Dapat juga dikatakan bahwa yaitu apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu class.
  4. Objects: sebutan lain untuk instance class. Misalnya yang menjadi objek dari class alat tulis yaitu pulpen, pensil, spidol.
  5. Inheritance: secara harfiah berarti sesuatu yang diwariskan dari orang tua kepada anak. Tetapi dalam Ruby yang menggunakan pendekatan Object-Oriented yaitu suatu class dapat mewariskan methodsdan attributes kepada class lain.
  6. Modules: koleksi dari kumpulan class dan methods.
  7. Data Types: Ruby memiliki tiga jenis tipe data primitif, yaitu Number, Float, dan String.
  8. Blocks dan Iterators: Ruby menyediakan unnamed blocks untuk mengelompokkan suatu kumpulan pernyataan bersama-sama. Sedangkan iterator merupakan teknik yang digunakan untuk melihat kumpulan pernyataan tersebut.
  9. Exception Handling: kondisi error yang menginterupsi ekseskusi normal suatu program.Exception dapat terjadi oleh banyak sebab termasuk I/O errors dan dalam hal pembagian dengan nol.
  10. Data Structures: struktur data yang biasa digunakan dalam Ruby yaitu Array dan Hashes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: